Minggu, 13 Oktober 2019

sejarah nahwu


                                                              Sejarah Nahwu


          Nahwu dalam bahasa populer disebut  Sintatis , yaitu ilmu yang mempelajari dasar-dasar dan proses pembentukan kalimat dalam suatu bahasa. Walaupun Nahwu bukan warisan Nabi, tapi ilmu ini berasal dari Bahasa Arab yang merupakan satu dari sekian bahasa yang akan senantiasa di jaga oleh Allah SWT.Pentingnya mempelajari ilmu Nahwu ini adalah agar terhindar dari kesalahan dan sebagai Modal utama untuk mendalami Al-Qur’an dan Al-Hadits. Karena tanpa Nahwu bahasa Arab akan terasa Hambar.
         Agar lebih mengenal ilmu Nahwu secara mendalam, maka kita harus mengetahui Sejarah terbentuknya Nahwu yang diwarnai oleh berbagai aspek kesalahan yang terjadi di masa silam. Nahwu tercipta di masa Sayyidina Ali bin Abi-Thalib, yang dipelopori oleh Abu Aswad Ad-Duali dengan menggagas harakat, dan disimbolkan dengan tanda titik. Misalnya titik dibawah sebagai tanda kasroh, titik diatas fathah, titik sebelah kiri untuk dhomah, dan dua titik untuk tanwin yang kemudian disebut harakat sebagai penentu  I’rab infleksi. Ini terjadi di masa Muawiyyah. Kemudian di masa Khalifah Abdul Malik Bin Marwan. Nahwu dikembangkan oleh murid-murid Ad-Duali yang terus berupaya menyumbangkan pengetahuan sentralnya untuk menyempurnakan ilmu Nahwu yaitu, Nasr Bin ‘Ashim Al-Laitsi memberi tanda titik huruf sebagai pembeda antara huruf yang sama. Disamping itu sebagai pembeda dengan titik yang di tulis Ad-Duali sebagai tanda baca, sedangkan Yahya Ibnu Ya’mur penulis titik sebagai tanda I’rab. Bentuk penulisan ini tetap bertahan hingga menjelang masa Khalifah Abbasiyah. Karena titik sebelumnya terlalu banyak dan warna mulai memudar, sampai ketika Imam Khalil Al-Farahidi pengarang ilmu ‘Arud (sajak) merevisi titik I’rab dengan huruf  mad yang kemudian disebut harakat sebagai tanda I’rab. Yaitu, harf wawu kecil diatas untuk dhomah, dan alif kecil untuk fathah, harf ya’ kecil untuk kasroh, kepala harf syin untuk tasydid, kepala ha’ untuk sukun, dan kepala ‘ain untuk hamzah. Kemudian tanda-tanda ini dipermudahkan, dipotong dan ditambah sehingga menjadi bentuk yang sekarang. Seiring berjalanya waktu, Nahwu di Al-bashrah (Iraq) terus dikembangkan oleh Abu Musa Al-Hadhrami, Isa Bin Umar, Al-Khalil,Sibawaih,Abu Amr Bin Al-‘Alaq, dan Al-Akhfasy Nahwu menyebar ke tanah Kuffah (Iraq) dengan munculnya Mu’adz Al-Harra’ pencetus Ilmu Sharraf Morfologi, yaitu ilmu yang mempelajari bentuk kata dan linguistic, tata bentuk asal kata dengan perubahan yang ada.
         Kemudian dikembangkan oleh Abu Ja’far Ar-Ruasi dan kedua muridnya, yaitu Al-Kisa’I dan Al-Farra’, sehingga kedua ilmu ini menjadi fan tersendiri dengan tujuan yang sama. Semenjak itulah tercipta istilah Kubu Basrah dan Kubu Kuffah. Kemudian kedua aliran ini bertemu di  Baghdad (Iraq) pusat pemerintahan Abbasiyah masing-masing dibahas oleh Qutaibah dan Hanifah Al-Dinauri. Kemudian para pelajar Baghdad setelahnya mengambil pendapat yang paling Arjah dari kedua Kubu tersebut, dan banyak pakar yang bermunculan disana seperti, Imam Zamaksyari. Nahwu terus berkembang ke tanah Mesir (Benua Africia) dan disana mulai di temukan karya Syaikh Syarifuddin Yahya Al-‘Imrithi pengarang Nadham ‘Imrithi yang merupakan hasil gubahan dari Al-Jurmiyah, dan Ibnu Aqil (Pensyarah Alfiyah).
          Nahwu terus berkembang dikawasan Maroko (Benua Africa), disana telah ditemukan Kitab Al-Jurmiyyah karya Syaikh Sonhaji dan Nahwu mulai sempurna dengan munculnya Ibnu Malik asal Andalus (Spanyol) di era Muhadditsin, menyumbangkan ide pemikirannya dalam sebuah karya Excutif yang tertuang dalam sajak bait-bait Al-Fiyyah yang dikenal hingga ke Nusantara. Khususnya di Madura ilmu Nahwu dikembangkang dan disebar luaskan oleh Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

                                                                                        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Script untuk membuat tampilan anonymous di cmd

Ok guys kali saya akan share kalian script tampilan topeng anonymous di cmd dengan notepad, berikut ini langkah-langkah & script ...